Kamis, 26 Mei 2011

MI Plus Go Perjusami KKM MI se-Kecamatan Cipondoh

Creat By : 
Imas Yuyun, S.Sos
(Pembina Pramuka MI Plus Asy-Syukiryyah)


Alhamdulillah kemarin hari jumat sampai minngu, 20-22 Mei 2011 MI plus asy-syukriyyah telah mengikuti perkemahan gabungan MI se-kecamatan cipondoh. Perkemahan ini diikiuti oleh peserta sebanyak 11 MI sekecamatan cipondoh yang diwakili oleh 2 regu putra dan putri. Bertempat di Bumi Perkemahan Batalyon Infantri (YONIF) 203 Jatake kota Tangerang, Perjusami ini berlangsung meriah walaupun diselingi dengan guyuran hujan.

Pada hari Jum’at pukul 14.00, kami perwakilan dari setiap sekolah berkumpul dilapangan kecamatan cipondoh untuk berangkat bersama-sama. Dengan menggunakan 3 kendaraan truk dan 1 bis TNI dari yonif 203 kami memulai perjalanan yang cukup menyenangkan walaupun agak desak-desakkan. Bahkan ada 4 regu putra termasuk regu putra dari MI Plus Asy –Syukriyyah terpaksa diangkut belakangan dikarenakan bersamaan dengan acara kami mereka memiliki kegiatan mendadak, sehingga 1 kendaraan dari Yonif tidak bisa berangkat menjemput kami. Saat mobil kami melewati kumpulan regu yang tertinggal tsb dan melihat raut mukanya yang sedih campur kecewa, Duh…!! Kasian deh kami melihatnya.

Tiba di komplek TNI sekitar pukul 15.00, sore itu begitu masuk kami disuguhi pemandangan yang menakjubkan, lingkungan yang rapi, bersih, tertib, hening,sejuk, dan nyaman menyergap mata kami. Di kiri- kanan nampak para personil TNI sedang bergotong-royong menyapu, membersihkan taman dan lahan hijau dengan kompaknya, waaw….. kami salut kepada mereka. Lapangan perkemahan kami terletak kira-kira 1 km dari pintu gerbang batalyon, berada di sebelah depan barak remaja kompi senapan.

Kegiatan pertama adalah mendirikan tenda, sekaligus menghias sekeliling tenda. Setiap regu berlomba mempercantik tendanya masing-masing. Ada yang membuat pagar, rak sepatu atau sandal, gantungan baju, membuat gapura, menyusun tongkat  dan lain-lain. Acara selanjutnya adalah apel sore, sebelumnya kami para Pembina dikumpulkan untuk briefing tentang acara-acara selama disana dan penentuan peserta yang bertugas dalam pelaksanaan apel sore.

Malam hari setelah shalat isya dan makan malam acara dilanjutkan dengan aneka perlombaan keagamaan, diantaranya lomba tahfidz, pidato/ceramah, dan lomba adzan. Setiap sekolah diwakili oleh satu orang utusan pada setiap cabang lomba, dari MI Asy-Syukriyyah untuk lomba Adzan diwakili oleh M Ahsan Al- Fatih, lomba pidato diwakili oleh Marisa Aulia Fitri, dan lomba Tahfizd diwakili oleh Ainul Yaqin  PPAP. Bagian paling seru adalah pada lomba pidato, disini selain karena memakai pengeras suara juga dikarenakan pesertanya banyak yang potensial, tak kurang dari 4 peserta lomba yang sudah layak dipanggil Da’I cilik. Selain materi yang dikuasai dengan baik, penguasaan panggung, intonasi dan vokalnya pun tak kalah dengan para kontestan Da’i cilik di televisi. Malam pertama acara ditutup sekitar pukul 22.00, seluruh peserta kembali ke pulau kapuk. 

Pagi harinya peserta dibangunkan pukul 04.00, seluruh peserta berangkat ke mesjid Markas Batalyon yang berjarak kira-kira 600 m. Jarak tersebut tentu saja sebuah perjalanan yang cukup panjang, dan selama perjalanan berangkat dan pulangnya kami diwajibkan berjalan ala militer, yaitu berjalan dengan rapi berbaris dua banjar, dan berlaku  untuk shalat 5 waktu, cek…cek….cek... cukup melelahkan lho bagi kami yang tidak terbiasa jalan jauh tapi ada serunya juga.

Hari kedua kegiatan kami padat, setelah senam pagi dilanjutkan lomba kepramukaan, ada lomba PU/PUK (pengetahuan umum/pengetahuan umum kepramukaan), membuat tiang bendera, dan sandi-sandi. Dari MI plus Asy-Syukriyyah diwakili oleh Wihda Intan, Marisa, Muthia, Ainul, Azzahra, Wulan, Nabila, Cahyo, Faris Hibbani, Daffa, Rayyan A, Rayyan R,dan yang lainnya.

Naah…….. ini dia acara yang ditunggu-tunggu sebagian besar peserta, yaitu saatnya Outbond! siang itu setelah ishoma  peserta digiring ke tempat latihan fisik TNI, dengan  dipandu oleh anggota Yonif 203, kami di beri kesempatan mencicip sarana latihan milik militer. Tetapi sebelumnya tentu saja kami diberikan dahulu latihan pemanasan. Walaupun hanya diperbolehkan bagian-bagian yang ringannya saja, tetapi teman-teman ada juga yang terjatuh-jatuh.

Oh ya, sore itu hujan turun cukup deras, sehingga tenda kami basah, karena oleh pihak yonif tidak diperbolehkan membuat parit, alhasil air masuk sampai kedalam tenda. Tikar, tas dan sebagian baju kami basah, tetapi hati kami tetap riang, tidak ada guratan risau atau sedih pada wajah-wajah peserta. sebagian dari teman kami malah ada yang kegirangan. Setelah hujan reda disebagian tenda terlihat jemuran tikar dan pakaian. Tenda regu putri kami pun akhirnya pindah tempat ke lahan yang lebih tinggi dan kering yang letaknya disamping tenda posko MI plus dan tenda regu putra, jadi berkumpul deh kami, asyiiiiik… 

Malam hari pada acara api unggun suasana kembali meriah dengan ditampilkannya kreatifitas peserta dari setiap sekolah ada yang menampilkan tarian, yel-yel dan konfigurasi, pencak silat, nasyid, puisi, ceramah, dan ada juga seperti penampilan dari kami yang di motori oleh Marisa dan Muthia yaitu bernyanyi dan memainkan alat musik seadanya seperti piring, sendok gallon, botol kosong dll. Acara selesai sekitar pukul 23.00 seluruh peserta akhirnya kembali ke pulau kapuk dengan lelapnya membawa serta sejuta penat untuk diterbangkan kealam mimpi.

Hari ketiga, seperti kemarin kegiatan diawali dengan shalat shubuh ke mesjid, dengan wajah yang masih lusuh, mata yang masih sembab, dan kantuk yang masih bergelayut para peserta berangkat di kegelapan dini hari. Setelah MCK, senam pagi dan sarapan tibalah saatnya untuk upacara penutupan dan pengumuman pemenang hadiah dari berbagai perlombaan. 

Alhamdulillah… kami ahhirnya memenangkan 2 kategori perlombaan, yaitu juara ke- 1 lomba PU/PUK dan juara 1 lomba Adzan. Akhirnya tepat jam 11 diiringi dengan datangnya guyuran hujan, kami semua menaiki kendaraan truk dari Yonif untuk kembali ke sekolah Ambalan masing-masing. Semoga tahun-tahun berikutnya MI Plus Asy-Syukriyyah lebih Berjaya lagi.
Hmmm……2 malam 3 hari yang mengesankan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar