Selasa, 31 Mei 2011

Internet Sehat (Bagian 2)







TEKNOLOGI
Berbicara tentang teknologi, banyak orang bilang dengan adanyak teknologi selain banyak manfaatnya hampir berbanding lurus banyak juga kerugiannya. Oleh karena itu, Sahabat MIPA'S tulisan ini merupakan lanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Internet Sehat (Bagian 1). Apa bahaya produk teknologi berupa Internet terhadap pola pikir dan prilaku kita sehari-hari?.
Sebelum membahas lebih jauh tentang bahaya internet yang tidak sehat, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu hakikat Teknologi?

a.         Pengertian Teknologi
Sesuai kutipan dari Wikipeida Teknologi adalah perkembangan suatu media atau alat yang dapat digunakan dengan lebih efisien guna memproses serta mengendalikan suatu masalah. Membahasa teknologi terkadang kita terjebak dengan pemahaman bahwa yang disebut dengan teknologi adalah keberadaan alat atau barang yang terbaru dan identik dengan alat elektoronik. Padahal kalau kita menelusuri sejarah teknologi itu sudah berumur panjang dan merupakan gejala kontemporer. Setiap zaman mempunyai masa teknologinya masing-masing.
Teknologi dapat dikategorikan menjadi 2 hal:
1)      Teknologi sebagai produk
Teknologi sebagai produk adalah teknologi yang berupa alat atau benda yang dapat digunakan oleh manusia. Contoh teknologi sebagai produk, diantaranya; computer, hanphone, kendaraan bermotor, pesawat terbang, sepeda, televise, pesawat telephone, radio, dispenser, dll. Tentunya terlalu banyak kita meyebutkan produk teknologi yang pada dasarnya kita hidup dan beraktifitas tidak bisa terlepas dari produk teknologi.
2)      Teknologi sebagai proses
Teknologi sebagai proses adalah teknologi lebih kepada proses penggunaan terhadap segala bidang yang dilakukan oleh manusia, seperti pendidikan, pabrik, kantor dll.
  b.         Hakikat Teknologi
Pada hakikatnya teknologi berada pada posisi netral, dengan kata lain tidak ada kepentingan di dalamnya. Kenapa disebut netral? Karena kalau dilihat dari fungsinya  teknologi dapat berfungsi karena ada yang mengoperasikan dalam hak ini oleh manusia. Sehingga teknologi akan bersifat baik atau buruk tergantung kepada yang mengoperasikannya. Sebagai contoh, pisau dapur merupakan dari hasil produk teknologi. Pisau dapur akan bermanfaat apabila digunakan oleh ibu rumah tangga atau chef di hotel untuk keperluan memotong ikan, daging, mengiris bawang dll. yang berhubungan dengan keperluan memasak di dapur, akan tetapi pisau dapur akan sangat berbahaya apabila digunakan oleh pelaku kriminal karena akan melukai atau bahkan membahayakan nyawa korbannya.
Oleh karenanya, semua produk teknologi pada hakekatnya dibuat untuk keperluan manusia dengan tujuan baik yakni memudahkan atau mengefisienkan masalah pekerjaan. Semua produk teknologi apabila digunakan dengan bijak sesuai fungsinya masing-masing akan terlihat sangat bermanfaat, akan tetapi apabila digunakan bukan pada fungsinya tentunya akan merugikan baik pada diri sendiri maupun pada orang lain.
Begitu halnya dengan Internet. Internet merupakan salah satu produk teknologi, oleh karenanya marilah kita gunakan internet dengan bijak dan sesuai dengan fungsinya karena sudah ditulis ditulisan sebelumnya bahwa internet itu terhubung secara global diseluruh pengguna internet di dunia dengan berbagai macam latar belakang, motivasi dan kepentingan. Tidak sedikit orang menggunakan internet untuk kepentingan-kepentingan yang terselubung maupun terang-terangan yang intinya merugikan banyak orang, bisa perorangan, kelompok, bahkan Negara.
       Sekian tulisan INTERNET SEHAT (Bagian 2) semoga bermanfaat, jangan lupa masukan dan kritiknya. Dan selamat bertemu kembali di tulisan dan judul yang sama dibagin 3 (terakhir).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar